TIK dalam dunia pendidikan

Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat diperlukan di dunia pendidikan karena akan  memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.

Salah satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat / mahasiswa  yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi . Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu  distance learning. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar/dosen  yang berkualitas. Metode distance learning sangat membantu mahasiswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia yang dapat dicari melalui search engine, portal pembelajaran online, e-book gratis dll.

Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

Selain kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, perlu ditunjang dengan pembelajaran yang kooperatif (Cooperative Learning), karena saat ini sistem pengajaran cenderung mengarahkan untuk melihat sesamanya sebagai kompetitator. Setiap kompetitator perlu dikalahkan tidak peduli bagaimana caranya. Sikap ini nantinya akan terbawa ketika seseorang tersebut ber-isolasi dengan masyarakat luas dengan memandang siapa saja sebagai pesaing yang harus dikalahkan. Sikap yang sering dipertontonkan di panggung politik maupun dalam dunia usaha.

Padahal yang positif adalah bersaing dengan diri sendiri, ukuran bersaing bukan lagi dengan orang lain melainkan diri sendiri. Ada atau tidaknya orang lain kita harus tetap melakukan dan menghasilkan yang terbaik. Orang lain bukan ancaman tapi mitra yang mendukung untuk mencapai tujuan dan kesuksesan .

Cooperative Learning memandang seseorang sebagai makhluk sosial ( Homo homini socius) bukan sebagai serigala bagi sesamanya ( Homo homini lupus ). Dengan kata lain Cooperative Learning adalah cara belajar mengajar berbasiskan Peace Education metode belajar mengajar  masa depan.

This entry was posted in Teknologi Informasi. Bookmark the permalink.

One Response to TIK dalam dunia pendidikan

  1. Avatar of Rian Piarna says:

    Majulah Pendidikan Indonesia dengan memanfaatkan teknologi ^_^

Leave a Reply