Belajar bekerja dengan cinta

Seringkali saya mendapatkan pertanyaan…“Buat apa lagi kita bekerja, mau diapakan lagi uang itu?”

Sayapun balik bertanya “Apa motivasi Anda bekerja, apakah untuk uang semata-mata?”

Jawabnya… “Mereka yang sudah mempunyai uang, tidak memikirkan lagi uang sebagai motivasi, tapi yang tidak mempunyai uang tentu saja motivasinya pasti uang.”

Saya perhatikan teman saya ini dan beberapa orang yang bekerja sama dengannya. Mereka masing-masing mendapatkan gaji, katakanlah mereka memang bekerja untuk uang. Tapi terasakan dalam bekerja ada perbedaan walau mereka semua bekerja untuk mendapatkan gaji … ya uang …

Ada yang selesai jam kantor langsung pulang, tidak perduli apakah masih ada yang sebenarnya dapat dikerjakan dan tidak perlu ditunda sampai keesokan harinya. Dan ada lagi yang tetap masih berada di kantor walau sebenarnya sudah jam pulang, mereka masih melakukan apa-apa yang belum selesai. Sehingga terasakan adanya “dedikasi” , walau mereka bekerja untuk uang tapi mereka tetap saja bekerja walau tempat kerjanya tidak menjanjikan bonus maupun uang lembur. Sedangkan ada lagi yang mengatakan, “ buat apa saya bekerja kalau tidak ada uang lembur?”

Saya perhatikan lebih jauh lagi, banyak dari mereka yang bekerja dengan motivasi semata-mata mencari uang, akhirnya uang itu datang pada mereka dengan malas-malasan. Tapi sebaliknya mereka yang bekerja karena dedikasi, maka uang itu justru datang banyak sekali.Jika tidak mempunyai dedikasi, lihat saja kalau tidak ada uang lembur mana dia mau berikan semenit saja dari waktunya. Sebaliknya mereka yang tidak terlalu berhitungan tentang uang, justru mendapatkan berlipat ganda.

Mereka yang bekerja semata-mata uang yang menjadi motivasi maka mereka cenderung amat berhitungan, malahan dapat curang dan menjadi tidak simpatik. Ada yang pada tingkat saling sikut menyikut, suka mencatut/mengentit uang. Naudzubillahimindzalik…

Saya teringat pada saat pertama kali saya bekerja dan mendapatkan gaji, lalu saya membelikan ayah dan ibu bahan baju… rupanya motivasi saya bekerja bukan untuk mencari uang, tapi untuk menyatakan rasa kasih sayang dan cinta pada orangtua.

Nah, apa motivasi anda untuk bekerja, apakah uang semata-mata ? Kalau uang semata-mata, maka dengan cara apapun uang itu akan kita cari (halal atau haram tidak peduli). Kalau begitu motivasi apa yang paling baik? Saya pikir…Cinta … bukan kecintaan pada uang, tapi kecintaannya untuk dapat berbuat sesuatu dengan uang itu untuk mereka yang  kita kasihi, lindungi, dan cintai.

 

This entry was posted in Teknologi Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply